Bahasa Indonesia,  Being Fangirl,  Fanmeeting,  Review

[M:IND] Kim Jaehwan 1st Fanmeeting in Jakarta

6 bulan setelah Wanna One mengadakan konser terakhir di Seoul sebelum akhirnya bubar, Kim Jaehwan mengadakan fanmeeting dengan para W:IND (nama fandom Jaehwan) di Indonesia, tepatnya tanggal 29 Juni 2019. Tentu saja karena kakak saya ngefans banget sama Jaehwan, dia dengan semangat langsung nyuruh saya untuk beli tiket VIP karena pasti dapat benefit Hi-Touch dan Photogroup. Berbeda dengan biasa, fanmeeting ini diadakan di Istora Senayan, yang cukup mudah dijangkau dan tidak ribet transportasinya.

Walaupun kami senang dengan lokasi yang strategis, namun cukup khawatir karena kapasitas venue cukup besar sedangkan harga tiket sangat tinggi dan banyak fans yang masih duduk di bangku sekolah sehingga cukup berat bagi mereka. Untungnya di hari H, W:IND yang datang cukup banyak dan membawa energi yang sangat baik sehingga acara terasa sangat menyenangkan.

Saya datang ke Istora Senayan sekitar jam 5 sore, karena pintu dibuka jam 6 sore. Berhubung saat membeli tiket sudah memilih lokasi tempat duduk, kami tidak perlu antri dari pagi untuk mendapatkan tempat paling depan dan kebetulan kami berhasil memilih kursi di urutan ketiga dari depan panggung.

Tepat jam 7 malam, acara dibuka dengan performance “Designer”, salah satu lagu di album perdananya Another. Lagu ini dibawakan lengkap dengan dance dan diiringi 4 penari latar. Mungkin jika baru mengenal Jaehwan saat ini, tidak akan percaya bahwa 2 tahun yang lalu seorang Jaehwan tidak bisa menari sama sekali sampai harus latihan sampai pagi dan menangis karena harus menghafal tarian Nayana di Produce 101 Season 2.

Seperti fanmeeting pada umumnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab agar fans bisa lebih mengenal idol-nya. Malam ini dipandu oleh MC Ikhsan Akbar yang bisa membawakan acara dengan sangat menarik dan menghibur. Tentunya ditambah dengan Jaehwan yang sangat antusias dalam menjawab semua pertanyaan dengan polos dan sangat mengundang tawa semua penonton.

Sesi tanya jawab dibagi menjadi 3 bagian yaitu “Jjaeni’s Mind Map”, “Jjaeni’s Place” dan “To : Jjaeni”.

Jjaeni’s Mind Map

Di sesi ini, Jaehwan diminta memilih dari beberapa pilihan yang ada, sebenarnya dibuat ala “choose your own adventure”, tapi akhirnya semua pilihan dibahas dan Jaehwan dengan senang hati bercerita panjang lebar (ada kalanya sedikit gak nyambung dengan pertanyaan hahaha).

Pertama ia memilih gambar “Bulan” yang artinya adalah malam sehingga dia harus menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan hal-hal yang biasa dilakukan di malam hari, terdiri dari teman, makan, travel dan W:IND.

  • Ternyata sebelum tidur, Jaehwan biasanya main game dan tidur sekitar jam 3 pagi.
  • Saat ditanya mengenai teman, seperti yang sudah sering diceritakan Wanna One memiliki groupchat dan sampai saat inipun mereka masih sering berkomunikasi hanya untuk sekedar menanyakan kabar maupun saling memberikan semangat
  • Salah satu pertanyaan yang ditanyakan “Bagaimana kalau temanmu mengajak makan?”. Muka Jaehwan langsung bingung karena menurut dia “kalau dia ngajak makan berarti kan dia lapar. Kalau saya tidak lapar tapi tetap diajak, saya ikut tapi cicip-cicip sedikit.”
  • Ditanya juga tentang makanan Indonesia apa yang sudah dicoba selama di Jakarta. Ternyata Jaehwan mengaku bahwa saat baru sampai, ia langsung diajak makan Korea dan hanya makan nasi kotak di belakang panggung. Sehingga belum mencoba makanan Indonesia. Tapi Jaehwan ingin mencoba Nasi Goreng karena direkomendasikan oleh W:IND. Dia langsung mengatakan “Nasi Goreng Jeojjang!” ala Park Jihoon.
  • Saat ditanyakan “Barang apa yang dibawa saat traveling?”, dengan panjang lebar Jaehwan menjelaskan bahwa ia akan membawa Maeum yang artinya “perasaan”. MC mengulang sampai harus mengulang “Barang, Mas…” dan dijawab dengan “Oh…” oleh Jaehwan dengan muka polos yang membuat semua penonton tertawa.
  • Saat pertanyaan beralih mengenai W:IND, Jaehwan mengatakan bahwa ia mau makan nasi goreng bareng sambil ngobrol menanyakan kabar. Tentu saja jawaban ini disambut meriah.

Performance

Di akhir sesi, Jaehwan menyanyikan “Love You Still” dengan sangat indah. Di bagian refrain, tiba-tiba Jaehwan terlihat iseng mengarahkan mic ke penonton, dan langsung kaget saat W:IND bisa menyanyikannya dengan sangat baik dan langsung bilang “Woah..DAEBAK!”.

Lagu berikutnya adalah “Knockin’ On Heaven’s Door” milik Bob Dylan lengkap dengan gitar elektrik yang memukau penonton terutama bagian guitar solo yang menunjukkan kemahirannya memainkan gitar. Dilanjutkan dengan “My Star” dengan nuansa bintang gemerlap sangat sesuai dengan lagu ini, ditambah dengan ledakan confetti.

Sambil menunggu Jaehwan masuk untuk mempersiapkan pertunjukan berikutnya, penonton diajak main game dengan VCR interaktif di layar.

Jaehwan kemudian muncul kembali dengan gitar akustik dan membawakan sepenggal lagu “I’m Sorry”, milik Lena Park yang pernah ia bawakan saat ikut pertandingan musik “Vocal War : God’s Voice”. Dilanjutkan kemudian dengan “Sorry Not Sorry” milik Demi Lovato lengkap dengan tarian, yang pernah ia bawakan saat konser terakhir Wanna One di Seoul akhir Januari kemarin.

Jjaeni’s Place

Sesi ini membahas tentang apa saja sih yang harus selalu ada bersama Jaehwan saat di pesawat dan di hotel. Ternyata kalau di pesawat, dia menghabiskan waktunya dengan main game. Saat ditanya mengenai hotel, Jaehwan langsung memuji hotel tempat ia menginap selama di Jakarta. Katanya hotelnya sangat nyaman dengan ranjang yang besar dan ia juga mendapatkan slipper hotel dengan bordiran namanya. Saking senangnya, Jaehwan langsung mengucapkan terima kasih ke penonton (padahal yang ngasih sendal kan hotelnya).

Jaehwan juga bilang bahwa dia susah kalau harus tidur sendiri karena sering takut dan terbayang-bayang hal menakutkan sebelum tidur. MC kemudian bertanya, apa yang dilakukan di hotel sebelum tidur tapi ditambah “jangan bilang main game lagi!”. Jaehwan langsung terdiam sebentar sebelum menjawab “sebenarnya mau jawab main game…” dan langsung mengundang tawa.

Di tengah sesi, Jaehwan menunjukkan kebolehannya menjadi bintang iklan bathrobe (jubah mandi), bahkan meminta W:IND untuk merekam moment itu dan menyebarkan di socmed. Padahal sebelumnya security sibuk meminta penonton untuk tidak merekam acara, tapi ternyata artisnya sendiri yang minta direkam.

To : Jjaeni

Beberapa hari sebelum acara berlangsung, promotor meminta W:IND untuk mengirimkan pertanyaan untuk Jaehwan melalui email dan akan dipilih untuk ditanyakan lansung di fanmeeting. Sebagian pertanyaan dari fans :

  • “Sekarang kamu seorang penyanyi, penari, pemain gitar dan juga aktor di video klip. Apalagi yang ingin kamu capai?”. Jaehwan langsung menjawab dengan panjang bahwa dia walaupun dia bisa berbagai bidang sedikit-sedikit, dia ingin fokus ke 1 bidang saja…lalu tiba-tiba ia tersadar bahwa jawabannya nggak nyambung, “ohhh…maksudnya mau apalagi selain ini?”.
  • “Apa yang dilakukan Jjaeni sebelum tidur setiap malam?”. MC langsung komen “main game, gw tau mah!” dan semua penonton langsung tertawa. Lalu Jaehwan menjawab bahwa biasanya dia melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hidung tapi langsung klarifikasi bahwa bukan “ngupil”. Ternyata setiap malah Jaehwan memasukan air ke hidung untuk membersihkan agar tidak mudah sakit flu.
  • “Nada paling tinggi yang bisa dicapai Jjaeni?”. Kata Jaehwan dia pasti bisa mencapai 3 oktaf jika tenggorokan sedang baik. Kemudian ia memamerkan suaranya yang tinggi itu.
  • “Menurut kamu, Jjaeni itu cowok sweet atau cool?”. Seperti biasa, Jaehwan langsung menjawab dengan panjang lebar bahwa dia itu sebenarnya cowok sweet yang terlihat cool. Lalu saat diminta memilih salah satu, tiba-tiba dia terdiam sebentar dan bertanya “tadi pertanyaannya apa?”. Ternyata daritadi dia nggak ngeh sama pertanyaannya.
  • “Satu kata untuk W:IND Indonesia”. Sepertinya dia salah mengerti karena malah memberikan “nama” untuk W:IND Indonesia yaitu “I:ND” yang artinya “Indonesia W:IND”. Akhirnya dia mengatakan (dengan panjang lebar lagi tentunya) bahwa I:ND itu…

Seperti bintang yang selalu bersinar, dimanapun saya berada saya bisa selalu melihat dan selalu mengingat. Walaupun saya ingin meraih bintang dan tidak bisa meraihnya…(tertawa cekikikan sendiri)…intinya seperti Bintang yang selalu indah.

Kim Jaehwan – M:IND in Jakarta

Jawaban Jaehwan sepanjang yang di atas itu padahal yang ditanya cuma “1 kata”.

  • “Jika Jjaeni menjadi binatang untuk sehari, mau menjadi apa?”. Setelah minta pendapat pentonton, akhirnya dia memilih “anak anjing yang lucu”.
  • “Begitu bangun pagi, muka (mu) …”. Jawaban Jaehwan adalah “imut”, lengkap dengan pose imut.

Fan Project

Seharusnya sehabis sesi tanya jawab, Jaehwan langsung akan foto bersama semua penonton. Tapi saat membalikan badan meliha ke layar, ternyata langsung diputar video dari I:ND. Jaehwan langsung teriak heboh karena malu begitu melihat video yang dibuka dengan cuplikan video Jaehwan sebelum debut dengan Wanna One. Bahkan ada video saat dia masih suka pertunjukkan di pinggir jalan bersama teman-temannya.

Video ini berisi pesan semangat dari semua penggemar di Indonesia untuk Jaehwan dan disertai juga video dan foto sebagian W:IND. Project ini sangat mengharukan terutama di bagian cuplikan keseharian Jaehwan bersama dengan member Wanna One yang lain.

Di akhir video, semua penonton menyanyikan refrain dari “Love You Still” sambil mengangkat slogan berisi pesan untuk Jaehwan. Jaehwan merasa terharu dan berterima kasih dengan hadiah yang diberikan ini.

Sebelum acara berakhir, MC menoleh ke penonton dan bilang “mau gue kerjain nih dia”. Kemudian MC meminta Jaehwan mengatakan “Aku cinta kamu, zheyenk!” dan langsung diikuti Jaehwan lengkap dengan fingerheart. Tentu saja semua penonton langsung tertawa terbahak-bahak.

Performance

Setelah berfoto bersama dengan W:IND, dilanjutkan dengan lagu “Begin Again” dan kemudian keluar dari panggung.

Setelah beberapa menit menunggu encore, Jaehwan muncul lagi di panggung dengan kostum berbeda dan langsung membawakan lagu “Neighbors Know My Name” milik Trey Songz dengan tarian yang membuat penonton berteriak heboh sekali.

Hi-Touch

Awalnya hanya VIP dan beberapa pemenang dari zona lain yang bisa Hi-Touch (alias tos-tos-an) sama Jaehwan. Tapi ternyata semua penonton akhirnya bisa Hi-Touch!

Dimulai dari zona VIP, kami diminta untuk berbaris menuju luar karena Jaehwan akan berdiri di bagian luar gedung, dekat pintu keluar. Kami harus berjalan lumayan cepat karena kalau tidak, sesi ini akan berjalan sangat lama. Saat berjalan keluar terlihat Jaehwan berdiri di balik pagar besi setinggi dada, bodyguard di sampingnya dan beberapa petugas di sekitar Jaehwan.

Setelah Hi-Touch, terdengar teriakan dan suara tangis dari pintu luar. Ternyata banyak fans yang tidak berhasil ikut nonton fanmeeting menunggu sampai akhir acara. Walau mereka tidak bisa masuk, tapi mereka sudah cukup senang bisa melihat Jaehwan.

Photogroup

Penonton VIP langsung disuruh menuju “holding area” tempat menunggu giliran foto bersama Jaehwan. Kami harus menunggu lumayan lama sampai Hi-Touch selesai. Selama menunggu, kami inisiatif untuk membagi kelompok sesuai dengan nomor yang tertulis di gelang. Kebetulan saya dan teman saya mendapat kelompok K. Satu kelompok seharusnya terdiri dari 20 orang.

Sambil menunggu kami duduk di lantai dalam bentuk barisan. Awalnya saya duduk di urutan ke 6. Tapi berhubung kami tidak tahu “formasi” foto, jadi tidak bisa membayangkan posisi yang baik seharusnya urutan ke berapa. Saat kelompok sebelum kami harus masuk, ternyata mereka hanya 19 orang sehingga orang di baris pertama kelompok kami dimasukan ke kelompok J. Jadinya saya di urutan ke 5.

Saat giliran kami masuk ke ruangan, kami diminta untuk mengisi kursi depan terlebih dahulu. Satu kursi di tengah diberikan tanda X di atasnya. Saya dan teman saya langsung lihat-lihat-an. Langsung curiga. Apalagi kebetulan sekali X itu terletak di kursi yang ada diantar kami berdua.

Benar saja. Kim Jaehwan akan duduk disitu.

Saat kami masuk, Jaehwan tidak ada. Semua peserta diatur dahulu sampai rapi, baru kemudian Jaehwan muncul dan langsung duduk di kursi tengah.

After Thought

Ini fanmeeting keempat saya dan sudah mulai mengerti flow fanmeeting seperti apa. So far, M:IND bisa dibilang yang paling OK! Walaupun sebelum acara ada sedikit drama antara fans dengan promotor dan ticketing, namun untuk acaranya sendiri sangat memorable.

Dari awal sampai akhir kami semua tidak berhenti ketawa. Ada aja tingkah dan ucapan Jaehwan yang mengundang tawa. Jaehwan memang bukan idol pada umumnya yang jaim, bahkan bisa dibilang dia cerewet banget dan berani malu! Ditanya sedikit, jawabnya panjaaaaaaaang banget dan kadang suka nggak nyambung.

MC-nya pun sangat asik, bisa mencairkan suasana dan juga translator yang menerjemahkan ke bahasa Indonesia lengkap dengan nada bicara yang dibuat mirip dengan cara bicara Jaehwan saat bicara bahasa Korea.

Semoga Jaehwan bisa mengadakan konser atau fanmeeting lagi di Indonesia!

Please follow and like us:
0

2 Comments

  • Hanie

    Hi, may i know if u will get the photo frm the photo session right away? Or how to get it ? Help win:d who get lucky to get photo session and still shaking. T.T

    • koeriq

      Hi!
      i’m not sure about other country, but in Indonesia when we buy the VIP ticket, we will get the photogroup immediately. Which country are you going?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *