Anak Rantau,  Cerita Isle of Man,  EUROPE,  Isle of Man,  Life

TT Racing di Isle of Man

Mungkin tidak terlalu banyak yang tahu mengenai TT Racing yang diadakan setiap tahun di Isle of Man. Kalaupun tahu, mungkin mereka tidak familiar dengan pulau Isle of Man itu sendiri. Isle of Man ada sebuah pulau kecil yang terletak di antara Inggris dan Irlandia dan di pulau inilah saya pernah tinggal selama kurang lebih 2 tahun. 

Saya tinggal di ibukota Isle of Man yaitu kota Douglas, dimana setiap tahun pada bulan Mei atau Juni diadakan  International Isle of Man TT (Tourist Trophy) yang adalah balap motor yang dilakukan di sepanjang jalanan kota Douglas dan sekitarnya. Balap motor ini juga disebut sebagai salah satu balapan yang paling berbahaya di dunia.

Yang ini saya bahas disini bukan pertandingannya itu sendiri, (karena saya sendiri belum pernah nonton karena memang setiap pertandingan berlangsung, saya sedang berada di luar pulau) melainkan persiapan pertandingan yang berlangsung sejak berminggu-minggu sebelum pertandingan.

Saat di Douglas, saya tinggal di sebuah rumah di jalan Quarter Bridge Road dan merupakan salah satu jalan yang dilewati TT Race. Selama berhari-hari sebelum pertandingan berlangsung, setiap sore dari jam 5 sampai malam jalanan depan rumah saya itu ditutup dan benar-benar harus clear tidak ada seorangpun yang lewat karena jalanan akan dipakai untuk tempat latihan.

Di tahun pertama saya sama sekali tidak tau tentang peraturan ini, sehingga suatu sore saya memutuskan untuk keluar rumah dan pergi membeli makan malam. Dengan santainya saya berjalan di trotoar depan rumah. Tiba-tiba saya dengan suara peluit ribut sekali dan beberapa orang lari mengejar saya. Jelas saya bingung. Ternyata tidak boleh ada orang di jalanan dan akhirnya latihan yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan dahulu selama beberapa menit hanya karena saya lapar dan ingin beli makan. Petugas yang berada di depan rumah saya sampai harus menghubungi kolega-nya yang berada di garis start (entah di bagian mana kota Douglas) untuk menghentikan motor yang akan berlatih.

Quarter Bridge Road saat pertandingan berlangsung

Untungnya saat saya kembali ke rumah, latihan sudah selesai sehingga saya tidak perlu lagi dikejar oleh petugas.

Tidak hanya kesulitan keluar rumah, namun saat di dalam rumah pun ketenangan terganggu. Karena pertandingan dilakukan di musim panas, biasanya periode latihan dilakukan bertepatan dengan tanggal saya harus ujian. Hal ini tentu sangat mengganggu karena berapa menit sekali terdengar suara bising motor lewat di depan rumah dan membuyarkan konsentrasi saya belajar. Sayangnya saya hanya bisa mendengar suaranya saja karena kamar saya menghadap area belakang rumah sehingga tidak bisa melihat jalan raya di depan.

Walaupun cukup mengganggu, namun ini salah satu pengalaman yang tidak terlupakan selama tinggal di Isle of Man karena, kapan lagi sih rumah kita dilewati motor untuk pertandingan tingkat dunia seperti ini?

PS : all pictures are taken from internet 😀 

Please follow and like us:
0

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *